Minggu Terakhir Juni Museum HM Soeharto Dikunjungi 700 Wisatawan

Minggu, 30 juni 2019, beberapa rombongan masyarakat mungunjungi museum HM Soeharto. Sejak dari pagi museum sudah dipenuhi beberapa tamu, baik itu rombongan yang bersepeda atau sering disebut kelompok gowes, rombongan keluarga maupun rombongan masyarakat.

Rombongan masyarakat yang berwisata di Museum HM Soeharto Minggu ini antara lain, Kelompok Sadar Wisata/Pokdarwis Gamping Kidul, Kabupaten Sleman; Warga Baturan, Kepurun, Manis Renggo, Klaten; Warga Krajan, Kedung Pucang Purworejo, BTC RSUD NAS Banguncipto, Senolo, Kulon Progo; PKK Palar, Kecamatan Trucuk, Klaten; Warga Progowati, Mungkid, Kabupaten Magelang; Warga Kutukan, Gedong, Kabupaten Karanganyar; PKK RW. 2 Perumnas Kalinegoro, Magelang; Warga Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul; Dasa Wisma Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman; Rombongan SPIGA Yogyakarta; Warga Paten, Tridadi, Sleman; Warga Dongkelan, Kecamatan Sewon, Bantul; Warga Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul; PKK Kutowinangun, Kabupaten Kebumen dan Warga Mindi Sukoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Rombongan dari berbagai daerah ini dipandu oleh Edukator Museum Ibu Maryati Dan Mbak Devi. Program pertama dilakukan di pendopo utama museum untuk dijelaskan tentang museum yang dibangun oleh adik Pak Harto, yaitu H. Probosutedjo. Dibangunnya museum ini dengan tujuan agar masyarakat mengetahui bahwa Pak Harto adalah sosok anak desa yang lahir di desa Kemusuk, pernah berjuang untuk bangsa ini, pernah mengabdi dan membangun negeri ini bersama-sama dengan masyarakat. Selanjutnya rombongan dari berbagai masyarakat di ajak nonton bareng film sejarah Pak Harto yang diputar di Pendopo utama Museum.

Program selanjutnya pengunjung dipersilahkan masuk ke dalam diorama museum yang di dalamnya berisi lorong-lorong perjalanan hidup Bapak HM Soeharto. Setelah dari diorama mereka kemudian berkeliling di sekitar museum untuk melihat petilasan tempat dilahirkannya Pak Harto. Serta dapat berfoto-foto di teras rumah eyang buyutnya Pak Harto. Pengunjung juga dapat melihat dan merasakan sejuknya air peninggalan di sumur kenangan yang dibangun oleh Eyang Atmo Sudiro kakeknya Pak Harto.

Kami ucapkan terimakasih kepada semua pengunjung yang hadir pada hari Minggu ini. Semoga bermanfaat dan penuh barokah, bertambah ilmunya dan menyenangkan.

Warga Baturan, Kepurun, Kecamatan Manis Renggo, Klaten.
Warga Progowati, Kecamatan Mungkid, Magelang.
Warga Kutukan, Kecamatan Gedong, Karanganyar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.