Belajar Agama dan Sejarah Bangsa di Museum HM Soeharto

Rabu, 3 Juni 2019, Museum Memorial Jendral Besar H.M Soeharto dikunjungi rombongan anak-anak cerdas dari TPA Thoyyiban Dusun Soka Wetan, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Sleman. Rombongan dengan jumlah 50 santri ini dipimpin langsung oleh Ustadzah Ibu Lastri selaku kepala Taman Pendidikan Alquran dan guru pembimbing lainnya. Rombongan diterima dan dipandu oleh edukator museum Ibu Devi dan ibu Maryanti.

Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan pengembangan wawasan kebangsaan anak-anak dari TPA Thayiban ini diajak untuk menyanyikan lagu kebanggsaan Indonesia Raya. Kegiatan berikutnya diisi dengan menonton video ngaji baca Al-Quran yang dinikmati sekaligus dicermati oleh anak-anak TPA Thayiban tersebut.

Selanjutnya edukator menceritakan sejarah perjalanan hidup Pak Harto dan tentang museum. Anak-anak di ajak nonton bareng film sejarah autobiografi pak Harto hingga hiburan kuis berhadiah untuk anak-anak TPA Thoyyiban yang dipandu oleh Ibu Maryanti.

Kegiatan kuis tentang sejarah Pak Harto, tentang keluarga Pak Harto dan tentang museum berjalan dengan meriah dan anak-anak pada senang mendapat hadiah dari kuis yang diberikan.

Program berikutnya mereka diajak berkeliling di dalam diorama museum dan ini menjadikan petualangan tersendiri bagi putra-putri TPA Thoyyiban. Lorong-lorong waktu perjalanan sejarah Pak Harto yang digambarkan dalam diorama museum merupakan sesuatu yang menarik dan sangat dinikmati oleh anak-anak.

Terima kasih kami sampaikan kepada keluarga besar TPA Thayiban, Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Sleman. Semoga suri tauladan Pak Harto bisa menjadi inspirasi anak-anak yang hebat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.