Setiap Tahun, Pelajar Yogyakarta Selalu Antre Ikuti Program WKM

Dinas Kebudayaan DIY lewat Wajib Kunjung Museum menjadi salah satu upaya dalam mendekatkan pelajar di daerah setempat dengan museum yang ada di provinsi tersebut. Setiap tahun ratusan siswa-siswi SD maupun SMP yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta selalu antri mengikuti program WKM. salah satunya SD Muhammadiyah Danunegaran, Yogyakarta.

Kegiatan Wajib Kunjung Museum (WKM) ini merupakan program idola sekolah dan merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Pada Selasa, 19 Maret 2019 ini, rombongan dari SD Muhammadiyah Danunegaran juga melakukan kegiatan Wajib Kunjung Museum di Kemusuk secara mandiri. Rombongan dipimpin oleh Ibu Fitri dan didampingi oleh bapak-ibu guru lainnya.

Dengan berseragam warna kuning dengan kombinasi celana hijau, anak-anak dari SD Muhammadiyah yang berlokasi di Jl. Parangtritis No. 46 ini belajar mengenang dan mengenal lebih dekat sosok bapak bangsa HM Soeharto. Disiplin yang tinggi, semangat untuk belajar bersama dengan penuh kekompakkan menunjukkan bahwa sistem pembelajaran dari SD Muhammadiyah ini sangat baik.

Di Pandu oleh edukator museum mbak Devi, mereka sangat antusias mengikuti semua program dari museum. Lagu pembukaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya menjadi bagian penting untuk mendidik karakter anak bangsa.

Beberapa hiburan lucu ditayangkan untuk menambah suasana ceria di hari tersebut. Edukasi tentang motivasi rasa terima kasih kepada bapak-ibu guru adalah bagian dari edukasi menghargai jasa mulia guru. Penjelasan tentang museum dan sejarah perjalanan hidup pak Harto merupakan program utama museum HM Soeharto.

Berkeliling didiorama setelah nonton bareng film sejarah Pak Harto merupakan pengalaman tersendiri bagi murid SD Muhammadiyah Danunegaran yang hebat dan cerdas ini.

Terimakasih kami ucapkan kepada Kepala sekolah, bapak-ibu guru pendamping, orang tua dan seluruh keluarga besar SD Muhammadiyah Danunegaran, Kota Yogyakarta atas kunjungan dan kegiatannya wajib kunjung museum mandiri ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi anak-anak dari salah satu SD favorit di Yogya Selatan ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.